Membuat page number berbeda tipe dan berada diatas-dibawah


Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
 
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa jika mendengar kata makalah tentunya sudah tidak asing lagi dong yah, bagi kawan-kawan yang mungkin masih belum tahu bagaimana membuat page number pada makalah kita itu menjadi berbeda antara kata pengantar dan daftar isi dengan pembahasan; dan juga page numbernya itu terdapat di atas dan di bawah kertas, nah biasanya kawan-kawan yang belum tahu caranya pasti akan membuat cover, kata pengantar dan daftar isi, dan pembahasannya itu di file yang berbeda-beda. Contohnya seperti gambar dibawah ini :




Gambar tersebut bisa menjadi ilustrasi atas yang kawan-kawan alami, jika kawan-kawan masih membuat makalah dalam file yang berbeda-beda biasanya akan kebingungan dan merasa malu ketika disuruh untuk dikirim ke guru atau dosen karena file yang terpisah-pisah tadi.
Karena permasalahan yang sering dialami diatas, saya ingin berbagi sedikit ilmu kepada kawan-kawan tentang membuat page number dengan berbeda tipe dan berada diatas – dibawah.


Langkah 1.
Langkah pertama yang harus kawan-kawan lakukan adalah menyiapkan atau membuka file word yang akan diberi page number.

Langkah 2.
Letakan kursor diawal halaman pada halaman yang ingin dibedakan, kemudian cari breaks di layout lalu pilih next page.





Lakukan hal tersebut pada setiap halaman yang ingin dibedakan.


Langkah 3.
Selanjutnya yaitu menonaktifkan fitur "link to previous", kenapa harus dinonaktifkan? Karena agar tidak mempengaruhi page number yang sudah dipisah menggunakan breaks (next page). Jika fitur link to previousnya sudah di nonaktifkan maka tulisan same as previous nya akan hilang. Langkah ini harus dilakukan pada semua page number.




 
Langkah 4.
Langkah selanjutnya adalah mambuat page number. Caranya tinggal cari page number di insert kemudian pilih tipe atau style yang diinginkan. Karena pada contoh ini saya menggunakan contoh dibagian kata pengantar, maka saya pilih bottom of page dan plain number 2.



Kemudian karena pada bagian kata pengantar biasanya menggunakan huruf ” i ” bukan angka, jadi saya akan mengubahnya. Caranya blok page numbernya kemudian ke desain atau format lalu cari page number kemudian pilih format page number.



Setelah itu akan muncul kotak seperti ini. Tinggal kawan-kawan pilih yang huruf romawinya, jangan lupa pada page numberingnnya pilih strat at agar dimulai dari huruf ” i ”
 

Langkah 4.
Pada langkah ini hampir sama dengan langkah 3. Jika pada langkah 3 menggunakan page number tipe huruf karena untuk bagian kata pengantar, maka pada langkah ini menggunakan page number tipe nomor karena untuk bagian pembahasan atau BAB I, II dan III. Nah karena langkah 4 ini pada bagian BAB maka pada setiap halaman BAB page numbernya dibawah dan selain halaman BAB atau setelah halaman BAB page numbernya diatas kanan. Bagaimana caranya? Cara mudah kawan-kawan hanya perlu membuat page number seperti biasa dibawah tengah. 




tapi pada halaman setelah halaman BAB klik go to header(jika sudah diklik maka akan berwarna abu) lalu cari page number kemudian pilih top of page dan pilih plain number 3.
 

Jika sudah dilakukan, maka hasilnya akan seperti ini.




Langkah 5.
Langkah terakhir adalah menghapus page number. Maksudnya jika ada dua page number pada satu halaman yang sama maka page number yang tidak sesuai aturan harus dihapus. Seperti contoh berikut:



Pada contoh diatas maka page number yang ada dibawah harus dihapus karena sesuai ketentuannya page number setelah halaman BAB berada di atas kanan halaman.

Hasil akhirnya akan menjadi seperti ini.



Pada halaman cover kosong alias tanpa page number; pada halaman kata pengantar dan daftar isi berada dibawah tengah dan menggunakan ” i ”; kemudian pada halaman BAB berada dibawah tengah menggunakan nomor; dan pada halaman setelah BAB berada diatas kanan menggunakan nomor.

Oke kawan-kawan itulah sedikit tutorial dari saya mengenai cara membuat page number berbeda tipe dan berada diatas-dibawah pada satu file, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang difahami bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada. Sekian terimakasih.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
 


6 komentar

Unknown mengatakan...

Kereeeeenn sangatbermanfaat

Iradamay mengatakan...

Sangat bermanfaat paketu.

Nelly Suprianti mengatakan...

Wah, terimakasih sangat bermanfaat

Anita Riyani mengatakan...

Lanjutkan paket

Unknown mengatakan...

Kereenn sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Terimakasi. Sangat bermanfaat

Diberdayakan oleh Blogger.